...

...

29 December 2009

Mengenal peralatan instalasi listrik rumah tinggal

Anda pasti sudah mengenal peralatan listrik yang terpasang dirumah anda seperti sakelar, stop kontak, steker, sekering dan lainnya. Dan untuk anda yang awam dengan dunia listrik, artikel kali ini akan mengajak anda untuk mengenal fungsi dan jenis peralatan listrik tersebut secara umum.

Pengenalan peralatan listrik instalasi listrik rumah tinggal ini akan dimulai dengan Bargainser.

BARGAINSER

Bargainser merupakan alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal, sekaligus juga berfungsi sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan rumah tinggal tersebut (dalam satuan kWh). Ada berbagai batasan daya yang dikeluarkan oleh PLN untuk konsumsi rumah tinggal, yaitu 220 VA, 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA.
bargainser
Pada bargainser terdapat tiga bagian utama, yaitu:
- MCB atau Miniature Circuit Breaker, berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasannya. MCB ini bersifat on/off dan dapat juga berfungsi sebagai sakelar utama dalam rumah. Jika MCB bargainser ini dalam kondisi off, maka seluruh aliran listrik dalam rumah pun terhenti. Sakelar ini biasanya dimatikan pada saat akan dilakukan perbaikan instalasi listrik dirumah.

- Meter listrik atau kWh meter, alat ini berfungsi untuk mengukur besaran daya yang digunakan oleh rumah tinggal tersebut dalam satuan kWh (kilowatt hour). Pada bargainser, meter listrik berwujud deretan angka secara analog ataupun digital yang akan berubah sesuai penggunaan daya listrik.

- Spin Control, merupakan alat kontrol penggunaan daya dalam rumah tinggal dan akan selalu berputar selama ada daya listrik yang digunakan. Perputaran spin control ini akan semakain cepat jika daya listrik yang digunakan semakin besar, dan akan melambat jika daya listrik yang digunakan berkurang/sedikit.

Pada kanal output Bargainser biasanya terdapat 3 kabel, yaitu kabel fasa, kabel netral dan kabel ground yang dihubungkan ketanah. Listrik dari PLN harus dihubungkan dengan bargainser terlebih dahulu sebelum masuk ke instalasi listrik rumah tinggal.

PENGAMAN LISTRIK

Instalasi listrik rumah tinggal pun membutuhkan pengaman yang berfungsi untuk memutuskan rangkaian listrik apabila terjadi gangguan pada instalasi listrik rumah tinggal tersebut, seperti gangguan hubung singkat atau short circuit atau korsleting.

Terdapat dua jenis pengaman listrik pada instalasi listrik rumah tinggal, yaitu:
- Pengaman lebur biasa atau biasa disebut sekering, alat pengaman ini bekerja memutuskan rangkaian listrik dengan cara meleburkan kawat yang ditempatkan pada suatu tabung apabila kawat tersebut dialairi arus listrik dengan ukuran tertentu.

- Pengaman listrik thermis, biasa disebut MCB dan merupakan alat pengaman yang akan memutuskan rangkaian listrik berdasarkan panas .


SAKELAR

Sakelar atau switch merupakan komponen instalasi listrik yang berfungsi untuk menyambung atau memutus aliran listrik pada suatu pemghantar.
Berdasarkan besarnya tegangan, sakelar dapat dibedakan menjadi:
- sakelar bertegangan rendah.
- Sakelar tegangan menengah.
- Sakelar tegangan tinggi serta sangat tinggi.


Sedangkan berdasarkan tempat dan pemasangannya, sakelar dapat dibedakan menjadi :
- Sakelar in-bow, sakelar yang ditanam didalam tembok.
- Sakelar out-bow, sakelar yang dipasang pada permukaan tembok.

Jenis sakelar berikutnya dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu:
- Sakelar on-off, merupakan sakelar yang bekerja menghubungkan arus listrik jika tombolnya ditekan pada posisi on. Untuk memutuskan hubungan arus listrik, tombol sakelar harus ditekan pada posisi off. Sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk sakelar lampu.

- Sakelar push-on, merupakan sakelar yang menghubungkan arus listrik jika tombolnya ditekan pada posisi on dan akan secara otomatis memutus arus listrik, ketika tombolnya dilepas dan kembali ke posisi off dengan sendirinya. Biasanya sakelar jenis ini digunakan untuk sakelar bel rumah.

Berdasarkan jenis per-unitnya, sakelar dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
- Sakelar tunggal, merupakan sakelar yang hanya mempunyai satu buah kanal input yang terhubung dengan sumber listrik, serta kanal output yang terhubung dengan beban listrik/alat listrik yang digunakan.

- Sakelar majemuk, merupakan sakelar yang memiliki satu buah kanal input yang terhubung dengan sumber listrik, namun memiliki banyak kanal output yang terhubung dengan beberapa beban/alat listrik yang digunakan. Jumlah kanal output tergantung dari jumlah tombol pada sakelar tersebut.


STOP KONTAK

Stop kontak, sebagian mengatakan outlet, merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagi muara hubungan antara alat listrik dengan aliran listrik. Agar alat listrik terhubung dengan stop kontak, maka diperlukan kabel dan steker atau colokan yang nantinya akan ditancapkan pada stop kontak.

Berdasarkan bentuk serta fungsinya, stop kontak dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
- Stop kontak kecil, merupakan stop kontak dengan dua lubang (kanal) yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada daya rendah ke alat-alat listrik melalui steker yang juga berjenis kecil.

- Stop kontak besar, juga nerupakan stop kontak dengan dua kanal AC yang dilengkapi dengan lempeng logam pada sisi atas dan bawah kanal AC yang berfungsi sebagai ground.sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk daya yang lebih besar.


Sedangkan berdasarkan tempat pemasangannya. Dikenal dua jenis stop kontak, yaitu:
- Stop kontak in bow, merupakan stop kontak yang dipasang didalam tembok.
- Stop kontak out bow, yang dipasang diluar tembok atau hanya diletakkan dipermukaan tembok pada saat berfungsi sebagai stop kontak portable.


STEKER

Steker atau Staker atau yang kadang sering disebut colokan listrik, karena memang berupa dua buah colokan berbahan logam dan merupakan alat listrik yang yang berfungsi untuk menghubungkan alat listrik dengan aliran listrik, ditancapkan pada kanal stop kontak sehingga alat listrik tersebut dapat digunakan.


Berdasarkan fungsi dan bentuknya, steker juga memliki dua jenis, yaitu:
- Steker kecil, merupakan steker yang digunakan untuk menyambung alat-alat listrik berdaya rendah, misalnya lampu atau radio kecil, dengan sumber listrik atau stop kontak.

- Steker besar, merupakan steker yang digunakan untuk alat-alat listrik yang berdaya besar, misalnya lemari es, microwave, mesin cuci dan lainnya, dengan sumber listrik atau stop kontak. Steker jenis ini dilengkapi dengan lempeng logam untuk kanal ground yang berfungsi sebagai pengaman.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang PLUG dan SOCKET ini, silahkan membaca artikelnya di sini.
KABEL

Kabel listrik merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik.

Untuk instalasi listrik rumah tinggal, kabel yang digunakan biasanya berjenis sebagai berikut:
- NYA, kabel jenis ini merupakan kabel listrik yang berisolasi PVC dan berintikan/berisi satu kawat. Jenisnya adalah kabel udara atau tidak ditanam dalam tanah. Kabel listrik ini biasanya berwarna merah, hitam, kuning atau biru. Isolasi kawat penghantarnya hanya satu lapis, sehingga tidak cukup kuat terhadap gesekan, gencetan/tekanan atau gigitan binatang seperti tikus. Karena kelemahan pada isolasinya tersebut maka dalam pemasangannya diperlukan pelapis luar dengan menggunakan pipa conduit dari PVC atau besi.

- NYM, merupakan kabel listrik yang berisolasi PVC dan berintikan kawat lebih dari satu, ada yang 2, 3 atau 4. Jenis kabel udara dengan warna isolasi luar biasanya putih dan warna isolasi bagian dalam beragam, karena isolasi yang rangkap inilah maka kabel listrik NYM ini relative lebih kuat terhadap gesekan atau gencetan/tekanan.

- NYY, kabel listrik jenis ini merupakan kabel berisolasi PVC, berintikan 2, 3 atau 4 dengan warna isolasi luarnya hitam. Jenis kabel tanah, sehingga tahan terhadap air dan gencetan atau tekanan.

- NYMHYO, kabel jenis ini merupakan kabel serabut dengan dua buah inti yang terdiri dari dua warna. Kabel jenis ini biasa digunakan pada loudspeaker, sound sistem, lampu-lampu berdaya kecil sampai sedang.

Demikian sekilas pengenalan peralatan-perlatan listrik untuk instalasi listrik rumah tinggal, keterangan fungsi, bentuk/konstruksi dan cara kerja dari masing-masing alat merupakan penjelasan secara umum.

Semoga bermanfaat, dunia-listrik.blogspot.com

MARI BERDISKUSI BERSAMA DI FORUM DUNIA LISTRIK

Sumber artikel & gambar milik: buku “Kiat Hemat Bayar Listrik” – Author: Gatut Susanta & Sasi Agustoni - ditulis oleh HaGe dari google books

Artikel Terkait Lainnya:



16 komentar:

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Sangat menarik terima kasih salam dari kami CV ariston Kupang

kami pekerja kelistrikan di Kupang NTT
http://cvaristonkupang.com

Saya ingi tahu daya dari masing-massing alat listrik misal,AC,kulkas,kipas angin dll.kalo lihat dari masing-masing alat cukup menyita waktu.tolong gan dikirim ke asepsp@gmail..com makasih

makasih untuk info peralatan instalasi listriknya, sangat bermanfaat!

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/11/juventus-mengakui-minat-mereka-kepada.html
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/11/dennis-bergkamp-jadi-rahasia-penampilan.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/11/kiper-spanyol-ini-diincar-banyak-klub.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/11/roma-mengancam-laju-impresif-lazio.html
http://suararumput.com/seorang-nenek-menyebrangi-jalan-dengan-sangat-pelan-ia-pun-memberhentikan-semua-mobil/
http://suararumput.com/jet-li-ambruk-jutaan-orang-menangis-jangan-sampai-menjual-30-tahun-hidup/
contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A
Yahoo: kebunpoker@yahoo.com

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/kenapa-emre-can-belum-perpanjang.html
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/mengharukan-saat-hamil-dan-pendarahan.html
http://suararumput.com/rumitnya-mencari-pelapis-lewandowski-di-bayern/
http://suararumput.com/barca-lebih-seimbang-tanpa-neymar/
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/niat-awal-pria-ini-memasukkan-hamster.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/di-hari-pernikahan-kami-pengemis-ini.html
contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A
Yahoo: kebunpoker@yahoo.com

blog dan judul artikel yang baik, trimakasih semoga bermanfaat sukses selalu
jual burner bekas second jkarta
blog dan judul artikel yang baik, trimakasih semoga bermanfaat sukses selalu
jual burner second murah

sangat bermanfaat gan artikelnya, kalo mau nyari peralatan listrik, perlatan teknik, perkakas bisa di cari di Tokootomotif.com gan :D

Tri-Wall Indonesia adalah perusahaan penyedia segala model karton box untuk keperluan heavy duty dan pallet berbahan baku dari Karton, Kayu, Plastik, Steelcase dan lain-lain di desain sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami terdiri dari para ahli dan profesional dengan jaringan internasional yang siap melayani dan memberikan solusi pada packaging Anda. Cari Tahu Tentang Kami Kunjungi https://tri-wallindonesia.co.id/

Prediksi angka jitu di PREDIKSI TOTO MACAU Terbaik, Terpercaya dan Teraman!
4D (4angka) 1000 bayar 9jt
3D (3angka) 1000 bayar 900rb
2D (2angka) 1000 bayar 95rb
jangan Lupa Mampir Prediksi Terakurat 80%
Prediksi Hk Jitu
Prediksi Angka Sgp
Whatsapp : +6281263102766
Dengan minimal bet 100 perak saja dapatkan diskon full bolak - balik sepuasnya.

Artikel yang bermanfaat dan mudah difahami, penjelasannya juga jelas, teruslah berkarya. untuk ilmu listrik lainnya kunjungi Voltechno.Net
Thanks

What a nice post my dude..thanks for share about Mr Obama. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. U can visit my site @Wiki Elektronika

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda di blog Dunia Listrik, Semoga bermanfaat.

Untuk diskusi dan opini, silahkan kunjungi "Forum Dunia Listrik"

Dapatkan informasi melalui email, setiap artikel baru diterbitkan dengan mendaftarkan alamat email anda di fitur "Registrasi E-mail".

Sebarkan Blog ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites