...

...

27 December 2008

Motor Listrik

Pada artikel “klasifikasi mesin listrik”, Motor listrik termasuk kedalam kategori mesin listrik dinamis dan merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya, memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll di industri dan digunakan juga pada peralatan listrik rumah tangga (seperti: mixer, bor listrik,kipas angin).

Anda dapat melihat animasi prinsip kerja motor DC ini di sini.

Motor listrik kadangkala disebut “kuda kerja” nya industri, sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri.

Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor listrik secara umum sama (Gambar 1), yaitu:
• Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya.
• Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
• Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torsi untuk memutar kumparan.
• Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.

Dalam memahami sebuah motor listrik, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/torsi sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok:
Beban torsi konstan, adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya, namun torsi nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torsi konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
Beban dengan torsi variabel, adalah beban dengan torsi yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan torsi variabel adalah pompa sentrifugal dan fan (torsi bervariasi sebagai kwadrat kecepatan).
Beban dengan energi konstan, adalah beban dengan permintaan torsi yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.


Gambar 1. Prinsip Dasar Kerja Motor Listrik.

JENIS MOTOR LISTRIK

Bagian ini menjelaskan tentang dua jenis utama motor listrik: motor DC dan motor AC. Motor tersebut diklasifikasikan berdasarkan pasokan input, konstruksi, dan mekanisme operasi, dan dijelaskan lebih lanjut dalam bagan dibawah ini.


Gambar 2. Klasifikasi Motor Listrik.

1. Motor DC/Arus Searah
Motor DC/arus searah, sebagaimana namanya, menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional. Motor DC digunakan pada penggunaan khusus dimana diperlukan penyalaan torsi yang tinggi atau percepatan yang tetap untuk kisaran kecepatan yang luas.
Gambar 3 memperlihatkan sebuah motor DC yang memiliki tiga komponen utama:
Kutub medan. Secara sederhada digambarkan bahwa interaksi dua kutub magnet akan menyebabkan perputaran pada motor DC. Motor DC memiliki kutub medan yang stasioner dan dinamo yang menggerakan bearing pada ruang diantara kutub medan. Motor DC sederhana memiliki dua kutub medan: kutub utara dan kutub selatan. Garis magnetik energi membesar melintasi bukaan diantara kutub-kutub dari utara ke selatan. Untuk motor yang lebih besar atau lebih komplek terdapat satu atau lebih elektromagnet. Elektromagnet menerima listrik dari sumber daya dari luar sebagai penyedia struktur medan.
Dinamo. Bila arus masuk menuju dinamo, maka arus ini akan menjadi elektromagnet. Dinamo yang berbentuk silinder, dihubungkan ke as penggerak untuk menggerakan beban. Untuk kasus motor DC yang kecil, dinamo berputar dalam medan magnet yang dibentuk oleh kutub-kutub, sampai kutub utara dan selatan magnet berganti lokasi. Jika hal ini terjadi, arusnya berbalik untuk merubah kutub-kutub utara dan selatan dinamo.
Kommutator. Komponen ini terutama ditemukan dalam motor DC. Kegunaannya adalah untuk membalikan arah arus listrik dalam dinamo. Kommutator juga membantu dalam transmisi arus antara dinamo dan sumber daya.


Gambar 3. Motor DC.

Keuntungan utama motor DC adalah kecepatannya mudah dikendalikan dan tidak mempengaruhi kualitas pasokan daya. Motor DC ini dapat dikendalikan dengan mengatur:
Tegangan dinamo – meningkatkan tegangan dinamo akan meningkatkan kecepatan.
Arus medan – menurunkan arus medan akan meningkatkan kecepatan.

Motor DC tersedia dalam banyak ukuran, namun penggunaannya pada umumnya dibatasi untuk beberapa penggunaan berkecepatan rendah, penggunaan daya rendah hingga sedang, seperti peralatan mesin dan rolling mills, sebab sering terjadi masalah dengan perubahan arah arus listrik mekanis pada ukuran yang lebih besar. Juga, motor tersebut dibatasi hanya untuk penggunaan di area yang bersih dan tidak berbahaya sebab resiko percikan api pada sikatnya. Motor DC juga relatif mahal dibanding motor AC.

Hubungan antara kecepatan, flux medan dan tegangan dinamo ditunjukkan dalam persamaan berikut:

Gaya elektromagnetik: E = KΦN

Torsi: T = KΦIa

Dimana:
E =gaya elektromagnetik yang dikembangkan pada terminal dinamo (volt)
Φ = flux medan yang berbanding lurus dengan arus medan
N = kecepatan dalam RPM (putaran per menit)
T = torsi electromagnetik
Ia = arus dinamo
K = konstanta persamaan

Jenis-Jenis Motor DC/Arus Searah

a. Motor DC sumber daya terpisah/ Separately Excited, Jika arus medan dipasok dari sumber terpisah maka disebut motor DC sumber daya terpisah/separately excited.

b. Motor DC sumber daya sendiri/ Self Excited: motor shunt. Pada motor shunt, gulungan medan (medan shunt) disambungkan secara paralel dengan gulungan dinamo (A) seperti diperlihatkan dalam gambar 4. Oleh karena itu total arus dalam jalur merupakan penjumlahan arus medan dan arus dinamo.

Gambar 4. Karakteristik Motor DC Shunt.

Berikut tentang kecepatan motor shunt (E.T.E., 1997):
• Kecepatan pada prakteknya konstan tidak tergantung pada beban (hingga torsi tertentu setelah kecepatannya berkurang, lihat Gambar 4) dan oleh karena itu cocok untuk penggunaan komersial dengan beban awal yang rendah, seperti peralatan mesin.
• Kecepatan dapat dikendalikan dengan cara memasang tahanan dalam susunan seri dengan dinamo (kecepatan berkurang) atau dengan memasang tahanan pada arus medan (kecepatan bertambah).

c. Motor DC daya sendiri: motor seri. Dalam motor seri, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara seri dengan gulungan dinamo (A) seperti ditunjukkan dalam gambar 5. Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus dinamo.

Berikut tentang kecepatan motor seri (Rodwell International Corporation, 1997; L.M. Photonics Ltd, 2002):
• Kecepatan dibatasi pada 5000 RPM.
• Harus dihindarkan menjalankan motor seri tanpa ada beban sebab motor akan mempercepat tanpa terkendali.
Motor-motor seri cocok untuk penggunaan yang memerlukan torque penyalaan awal yang tinggi, seperti derek dan alat pengangkat hoist (lihat Gambar 5).

Gambar 5. Karakteristik Motor DC Seri.

d. Motor DC Kompon/Gabungan.
Motor Kompon DC merupakan gabungan motor seri dan shunt. Pada motor kompon, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara paralel dan seri dengan gulungan dinamo (A) seperti yang ditunjukkan dalam gambar 6. Sehingga, motor kompon memiliki torque penyalaan awal yang bagus dan kecepatan yang stabil. Makin tinggi persentase penggabungan (yakni persentase gulungan medan yang dihubungkan secara seri), makin tinggi pula torque penyalaan awal yang dapat ditangani oleh motor ini. Contoh, penggabungan 40-50% menjadikan motor ini cocok untuk alat pengangkat hoist dan derek, sedangkan motor kompon yang standar (12%) tidak cocok (myElectrical, 2005).

Gambar 6. Karakteristik Motor DC Kompon.

2. Motor AC/Arus Bolak-Balik

Motor AC/arus bolak-balik menggunakan arus listrik yang membalikkan arahnya secara teratur pada rentang waktu tertentu. Motor listrik AC memiliki dua buah bagian dasar listrik: "stator" dan "rotor" seperti ditunjukkan dalam Gambar 7.

Stator merupakan komponen listrik statis. Rotor merupakan komponen listrik berputar untuk memutar as motor. Keuntungan utama motor DC terhadap motor AC adalah bahwa kecepatan motor AC lebih sulit dikendalikan. Untuk mengatasi kerugian ini, motor AC dapat dilengkapi dengan penggerak frekwensi variabel untuk meningkatkan kendali kecepatan sekaligus menurunkan dayanya. Motor induksi merupakan motor yang paling populer di industri karena kehandalannya dan lebih mudah perawatannya. Motor induksi AC cukup murah (harganya setengah atau kurang dari harga sebuah motor DC) dan juga memberikan rasio daya terhadap berat yang cukup tinggi (sekitar dua kali motor DC).

Jenis-Jenis Motor AC/Arus Bolak-Balik

a. Motor sinkron. Motor sinkron adalah motor AC yang bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekwensi tertentu. Motor ini memerlukan arus searah (DC) untuk pembangkitan daya dan memiliki torque awal yang rendah, dan oleh karena itu motor sinkron cocok untuk penggunaan awal dengan beban rendah, seperti kompresor udara, perubahan frekwensi dan generator motor. Motor sinkron mampu untuk memperbaiki faktor daya sistim, sehingga sering digunakan pada sistim yang menggunakan banyak listrik.

Komponen utama motor sinkron adalah (Gambar 7):
Rotor. Perbedaan utama antara motor sinkron dengan motor induksi adalah bahwa rotor mesin sinkron berjalan pada kecepatan yang sama dengan perputaran medan magnet. Hal ini memungkinkan sebab medan magnit rotor tidak lagi terinduksi. Rotor memiliki magnet permanen atau arus DC-excited, yang dipaksa untuk mengunci pada posisi tertentu bila dihadapkan dengan medan magnet lainnya.
Stator. Stator menghasilkan medan magnet berputar yang sebanding dengan frekwensi yang dipasok.

Motor ini berputar pada kecepatan sinkron, yang diberikan oleh persamaan berikut (Parekh, 2003):

Ns = 120 f / P

Dimana:
f = frekwensi dari pasokan frekwensi
P= jumlah kutub

Gambar 7. Motor Sinkron.

b. Motor induksi. Motor induksi merupakan motor yang paling umum digunakan pada berbagai peralatan industri. Popularitasnya karena rancangannya yang sederhana, murah dan mudah didapat, dan dapat langsung disambungkan ke sumber daya AC.

Komponen Motor induksi memiliki dua komponen listrik utama (Gambar 8):
Rotor. Motor induksi menggunakan dua jenis rotor:
- Rotor kandang tupai terdiri dari batang penghantar tebal yang dilekatkan dalam petak-petak slots paralel. Batang-batang tersebut diberi hubungan pendek pada kedua ujungnya dengan alat cincin hubungan pendek.
- Lingkaran rotor yang memiliki gulungan tiga fase, lapisan ganda dan terdistribusi. Dibuat melingkar sebanyak kutub stator. Tiga fase digulungi kawat pada bagian dalamnya dan ujung yang lainnya dihubungkan ke cincin kecil yang dipasang pada batang as dengan sikat yang menempel padanya.
Stator. Stator dibuat dari sejumlah stampings dengan slots untuk membawa gulungan tiga fase. Gulungan ini dilingkarkan untuk sejumlah kutub yang tertentu. Gulungan diberi spasi geometri sebesar 120 derajat .

Klasifikasi motor induksi

Motor induksi dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama (Parekh, 2003):
Motor induksi satu fase. Motor ini hanya memiliki satu gulungan stator, beroperasi dengan pasokan daya satu fase, memiliki sebuah rotor kandang tupai, dan memerlukan sebuah alat untuk menghidupkan motornya. Sejauh ini motor ini merupakan jenis motor yang paling umum digunakan dalam peralatan rumah tangga, seperti kipas angin, mesin cuci dan pengering pakaian, dan untuk penggunaan hingga 3 sampai 4 Hp.
Motor induksi tiga fase. Medan magnet yang berputar dihasilkan oleh pasokan tiga fase yang seimbang. Motor tersebut memiliki kemampuan daya yang tinggi, dapat memiliki kandang tupai atau gulungan rotor (walaupun 90% memiliki rotor kandang tupai); dan penyalaan sendiri. Diperkirakan bahwa sekitar 70% motor di industri menggunakan jenis ini, sebagai contoh, pompa, kompresor, belt conveyor, jaringan listrik , dan grinder. Tersedia dalam ukuran 1/3 hingga ratusan Hp.

Gambar 8. Motor Induksi.

Kecepatan motor induksi

Motor induksi bekerja sebagai berikut, Listrik dipasok ke stator yang akan menghasilkan medan magnet. Medan magnet ini bergerak dengan kecepatan sinkron disekitar rotor. Arus rotor menghasilkan medan magnet kedua, yang berusaha untuk melawan medan magnet stator, yang menyebabkan rotor berputar. Walaupun begitu, didalam prakteknya motor tidak pernah bekerja pada kecepatan sinkron namun pada “kecepatan dasar” yang lebih rendah. Terjadinya perbedaan antara dua kecepatan tersebut disebabkan adanya “slip/geseran” yang meningkat dengan meningkatnya beban. Slip hanya terjadi pada motor induksi. Untuk menghindari slip dapat dipasang sebuah cincin geser/ slip ring, dan motor tersebut dinamakan “motor cincin geser/slip ring motor”.

Persamaan berikut dapat digunakan untuk menghitung persentase slip/geseran(Parekh, 2003):

% Slip = (Ns – Nb)/Ns x 100

Dimana:
Ns = kecepatan sinkron dalam RPM
Nb = kecepatan dasar dalam RPM

Hubungan antara beban, kecepatan dan torsi


Gambar 9. Grafik Torsi vs Kecepatan Motor Induksi.

Gambar 9 menunjukan grafik torsi vs kecepatan motor induksi AC tiga fase dengan arus yang sudah ditetapkan. Bila motor (Parekh, 2003):
• Mulai menyala ternyata terdapat arus nyala awal yang tinggi dan torsi yang rendah (“pull-up torque”).
• Mencapai 80% kecepatan penuh, torsi berada pada tingkat tertinggi (“pull-out torque”) dan arus mulai turun.
• Pada kecepatan penuh, atau kecepatan sinkron, arus torsi dan stator turun ke nol.

Artikel Terkait Lainnya:



141 komentar:

wahahahhaha..
saya gak lihat ada artikel ini
thank mas Hage

Vicky -> No Problemo...artikel yang terkait antara lain:
- mesin2 listrik
- generatot DC
- hubungan daya aktif dan frekuensi
- elektromekanis dalam sistem tenaga bagian 1 dan 2

Semoga membantu dan bermanfaat

terima ksih sudah berkunjung, blog mas vicky bagus juga...informatif banget..

Halo mas Hage...
Saya sering membaca artikel anda, sangat bagus dan gampang dipahami.
Saya request donk tentang artikel setting relay di pembangkit, distribusi dan transmisi....
Thanks banyak ya..
Tomi

Tomi -> terima kasih atas dukungannya utk situs ini...saat ini saya sedang berkonsentrasi pada artikel dasar2 teknik elektro utk pemula...
utk artikel yg anda maksud ditunggu ya, dah disiapkan kok..

kunjungi dan ramaikan "Forum Dunia Listrik" juga ya

bang bahas servomotor dunk

tolongin gue dong
gue nyari motor induksi yang rotor lilit bwt TA nih klo ada info tempat yang jual hubungin gue
di adamz.cool@gmail.com
tolong yaaaa
thanks

tolong gue dong..
gimana cara membesarkan arus DC, dan jika battere mati motor akan berkurang gak kecepatannya...?
tolong solusinya ya broo
kirim ke email gue Kevin_marpaung13@yahoo.com

mantap banget artikel nya,.
mas hage,,,oe mau naya nh
gmn
1. rumus untuk membuat motor liastrik 3 phasa
2. rumus untuk mencari kapasitas motor 3 phasa

Email : amet_fatul@yahoo.com

helo... saya sangat tertarik dengan artikel2 anda.
tolong donk kirimi ke email saya klu ada artikel2 terbaru anda mengenai motor induksi 3 phasa.
kirim di alka_electrical@yahoo.com
thanks...

anonymous -> servomotor, kayanya akan jadi bahasan yang menarik, boleh juga tuh usulnya.

adam -> kalau anda tinggal di jakarta, coba cari di Glodok, sepertinya disana ada.

anonymous -> membesarkan arus DC coba dengan mengganti sumbernya dengan kapasitas yang lebih besar.

amet -> terima kasih, coba baca-baca kembali artikel mesin-mesin listrik, semoga dapat jawabannya.

alka -> silahkan daftarkan alamat emailnya di fitur "Pembaca Setia" yang ada di sebelah kanan atas tampilan blog ini.

terima kasih buat kalian semua, atas kunjungannya dan mohon maaf jika ada jawaban yang tidak memuaskan, mohon koreksi jika ada kesalahan.

mas mo tanya fungsi / kegunaan dari motor sinkron dunk.
di jawab yaaa
mo buat ngerjain tugas

makasih

>>Alhamdulillah

>>Banyak sekali pengetahuan yang saya dapat dari Dunia Listrik
>>Saya mohon sumbangan teman2
>> tentang "Prinsip kerja dan jenis2 motor AC 1 fasa"
>>Moga ilmu yang diberikan dibalas dengan pahala oleh ALLAH.swt

>>Thank's
>> By Dissi Julia Jasa (NAD-2009)

Dissi Julia Jasa (NAD-2009) -> terima kasih sudah berkunjung dan atas do'anya...amin.
Artikel yang dimaksud semoga bisa ditampilkan di blog nanti.

Dissi Julia Jasa (NAD-2009) -> artikelnya sudah terbit, silahkan baca di http://dunia-listrik.blogspot.com/2009/04/motor-listrik-ac-satu-fasa.html

semoga bermanfaat,

harga dinamo 3000 watt berapa ? kirimin ke kuroromiae@yahoo.co.id dunk.. please

mohon bantuannya jika ada info yang jual dinamo dc 35 volt.
saya butuh beberapa n nanti saya akan rutin beli
hub. UD. ARIS JAYA Krembung Sidoarjo
031-8856483

Misi mas, nubie mau tanya kalo spesifikasi motor DC yang mampu berputar hingga 5000 rpm ada gag ya?

Salam Kenal
Langsung aja
UNTUK MOTOR DC /AC TORQUE YG KITA DAPAT DARI RUMUS T=P x 9.554/RPM
apa Torsi yg tsb ada pada r (jari2) motor =1m apa sesuai jari2 shaft nya
Pada MesinGrinda Tertulis RPM ,dan Daya ...
Apa RPM tsb pada Jari2 1 meter,bagaiman Dg Torsinya

Pada Motor listrik DC mobil tamia tercantum RPM 30000
pertanyaanya RPM sebesar yg dimaksud tsb di lihat /dihitung pada r(jari2) berapa?

This comment has been removed by a blog administrator.

menambah wawasanku :D
Terima kasih http://dunia-listrik.blogspot.com/2008/12/motor-listrik.html

maksud kecepatan dasar gimana ya? yang dirumus mencari slip

Dear Mas HaGe,

Artikel yang sangat menarik, banyak ilmu yang saya peroleh dari "Dunia Listrik", mohon ijin untuk copas dan share... Terima kasih

Terima kasih, artikelnya bagus
Salam mas Gusti Randa

Menarik,ada postingan baru ngk?ditunggu😳

This comment has been removed by a blog administrator.

Para pen-jual mesin musti tau nih gan :D

Siang, ada yg tau Rangkaian control dinamo AC 3Fhase dengan Rotor yg dialiri arus lewat Comutator, dan untuk Fwd/Rev nya memakai Resistor?.
Gambar rangkaiannya ada bisa saya kirim via email/WA
Terima kasih

selamat pagi, mau tanya gan. apa ya rumus buat nentuin rpm motor ac. makasih

Izin mengambil beberapa materi mengenai motor di postingan ini untuk materi TA ya, mas. Terima kasih. :)

Salam kenal,
http://penjajakata.com/

Salam kenal.
bro mau tanya,
1. motor listrik single phase, 2 arah (bolak-balik) apa bisa dijadikan searah???..

2. jika bisa bagai mana caranya, apa harus digulung ulang???..

Nice post. Keep update

Mau tanya
Saya punya mesin cuci otomatis yang satu pintu yang mancung mencuci dan mengeringkan melek Lux,mesinnya tdk mau berputar tapi listrik masuk karna saya colok ke listrik tombol strat nya menyala tapi tidak berputar

Itu kenapa ya?
Mohon jawabannya

Mau tanya'
Jenis jenis motor listrik arus putar dan kontruksinya.¿¿¿

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/kenapa-emre-can-belum-perpanjang.html
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/12/mengharukan-saat-hamil-dan-pendarahan.html
http://suararumput.com/rumitnya-mencari-pelapis-lewandowski-di-bayern/
http://suararumput.com/barca-lebih-seimbang-tanpa-neymar/
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/niat-awal-pria-ini-memasukkan-hamster.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/12/di-hari-pernikahan-kami-pengemis-ini.html
contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A
Yahoo: kebunpoker@yahoo.com

Mengapa konstanta nya 120?

DINAMO AC (www.dinamogear.com)

DINAMO AC (www.dinamogear.com)

Sangat bermanfaat bagi saya sbagai pemula. Trima kasih artikelnya.

Hy mas HAGE
MAS saya mau nanya apakah motor 3 phase dc 12v setiap phasanya harus dialiri 12 v atau tegangan lebih rendah.terimakasih ditunggu jawabannya

Artikel yang menarik, kunjungi juga web Electrical Guide

http://www.zootopianewsnetwork.com/2017/01/gta-meets-zootopia.html?showComment=1539149623970#c1531947726532106278

dompetpoker.online is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

poker online

slam kenal bos
PT. INDIRA DWI MITRA merupakan perusahaan yang bergerak dalam fabrikasi steam Boiler dan Thermal oil Heater di Indonesia. Produk kami meliputi jual steamb boiler, hot water boiler, thermal oil heater untuk marine kapal tanker dan berbagai Industri lainnya. Kami juga menyediakan sparepart boiler seperti : Jual Burner Riello Italiy, jual pump oil KSB, pump KSB etanorm syt, dan sprepart industriy lainya.

More Info

Gan.. Mau tanya kalo kipas pada ac itu jenisnya motor apa? Kecepatan putaran nya dapat di atur pake drimer tidak.. Terimakasih

terimakasih infonya kak sangat membantu
brita hari ini

wah infonya sangat bermanfaat, dapat info baru setelah membaca blog ini

Website resmi ReportaSee | Terkini

Reportasee.com adalah sebuah portal berita web yang berisikan tentang berita dan artikel terkait pebberitaan yang ada di

Indonesia. Reportasee.com merupakan sebuah situs berita terkini dan populer yang ada di Indonesia khususnya. Berbeda jauh

dari situs lain dengan berita berbahasa Indonesia lainnya, www.Reportasee.com hanya memiliki edisi daring (Online) dan

menggantungkan sumber resmi dan pendapatan iklan-iklan online dan ofline. Meskipun demikian, Reportasee.com yang merupakan

situs terdepan dalam hal konten berita baru (breaking news) maupun video. Sejak tanggal 31 Desember 2018, Reportasee.com

menjadi ajang berita regional, Nasional dan Internasional.

Kategori Reportasee :
Reportasee.com | Portal Berita Dalam dan Luar Negeri, Edukasi, Ekonomi & Bisnis, Teknologi, Gaya Hidup, Olahraga, Otomotif

dan Hiburan.

Berita internasional
Berita Nasional
Berita Regional
Berita Gaya Hidup
Berita Teknologi
Berita Hiburan

Suka saya motor listrik nya om

Struktur OSIS

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya
jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

Menangi Promo Terbesar Bonus Natal Dan Tahun Baru 2019/2020

Promo Bagi-Bagi Hadiah ! Event ini mulai 1–30 Desember 2019 !

» Smartphone Samsung Galaxy S10
» Smartphone Vivo V17 Pro
» Smartphone Xiaomi Note 7
» Smartphone Oppo Reno 2
» Smartphone Advan G3

Nikmati Juga Bonus Dibawah ini:

» Bonus 10% Deposit Pertama
» Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
» Bonus Referral 7% + 2%
» Bonus Menang Beruntun 100%

Tersedia Permainan :
- Sabung Ayam
- Casino online
- Bolatangkas
- Taruhan bola online / sportsbook
- Poker Online
- Tembak ikan
- Slot Game
- Togel online SGP / HK / KL

Menerima Transaksi Linkaja | Gopay| Ovo | Pulsa & Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia. Klik saja salah satu dibawah ini :
» Judi Online Via Ovo
» Judi Online Via Gopay
» Judi Online Via Pulsa
» Judi Online Via Linkaja
» Judi Online Via Rekening Bank
..
Layanan Extra Cepat Klik Link : https://bit.ly/31SZvwy
..
Kontak Resmi Online 24 Jam Setiap Hari :

» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita

Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik di masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com. Atau bicara dengan Mr Benjamin On WhatsApp Via_ + 1-989-394-3740 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

Nice information on here, I would like to share with you all my experience trying to get a loan to expand my Clothing Business here in Malaysia. It was really hard on my business going down due to my little short time illness then when I got heal I needed a fund to set it up again for me to begin so I came across Mr Benjamin a loan consultant officer at Le_Meridian Funding Service He asked me of my business project and I told him i already owned One and i just needed loan of 200,000.00 USD he gave me form to fill and I did also he asked me of my Valid ID in few days They did the transfer and my loan was granted. I really want to appreciate there effort also try to get this to anyone looking for business loan or other financial issues to Contact Le_Meridian Funding Service On Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com He also available on WhatsApp Contact:+1-9893943740.

Selamat datang di situs judi online yang memiliki banyak bonus besar juga diakui sebagai agen bola online terbaik 2020 saat ini.
Situs Judi Online

Situs Judi Bola

Bandar Judi Bola

Agen Bola Terpercaya

Agen Bola Resmi

Situs Bola Online

Agen Judi Bola

Situs Judi QQonline dan domino QQ Online terpercaya dengan server pkv games terbaik.

Situs agen judi DominoQQ online dan QQ online terpercaya di indonesia dengan server pkv games terbaik.

Kumpulan daftar Situs Judi Poker Online uang asli terbaik yang memiliki permainan no.1 seperti BandarQ, DominoQQ dan BandarQQ online server pkv games.

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

This comment has been removed by the author.

situs judi bola kami memberikan yang terbaik untuk anda para member, kami resmi dan terpercaya http://216.83.47.126/

dapatkan uang tambahan di tengah pandemi ini dengan memainkan pkv games disitus bandarq228
daftarkan diri anda sekarang juga hanya di http://180.215.13.119/

kami merupaka website dominoqq dan bandarqq yang menghadirkan layanan service 24 Jam dalam seminggu untuk membantu anda dalam bermain dengan mudah di website berikut https://dominoqqme.com/

Your article is such an informative article. It is glad to read such those articles thanks for sharing. Drive Jacket

dapatkan bonus hingga 200% segera kunjungi kami bosbobet teraman dan terpercaya http://149.28.153.153/

artikel yang sangat bagus. jangan lupa kunjungi kami bandar togel singapore dengan discount terbaik http://139.180.184.251/

Segera daftar dan manfaatkan freespin yang ada di game slot online joker123 klik di link ini. https://joker123lu.com

listrik adalah sangat bagus di dunia ini dan bisa membuat orang nyaman dengan bermain game bandarqq
http://180.215.200.101/

[img]https://i.imgur.com/LxEDSzI.png[/img]

Halo guys untuk kalian yang sedang mencari situs game casino dan slot online yang sedang mencari situs game online yang memberikan promo menarik kalian bisa mencoba bermain bersama kami BVGaming yang memberikan promo menarik untuk kalian semua, tidak hanya promo itu saja ada banyak sekali promo yang bisa kalian dapatkan.

* Bonus Welcome New Member 15% Untuk Semua Permainan

* Bonus Daily Reload 10% Slot Online

* Bonus Daily Reload 5% SPORTSBOOKS

* Bonus Daily Reload 5% Sabung Ayam Online

* Bonus Daily Reload 5% Live Casino

* Bonus 8x/9x/10x Win Streak Sabung Ayam

* Bonus Cashback Sportbooks & Sabung Ayam Online CASHBACK 5 – 10%

* Bonus Rollingan Permainan Live Casino & Slot Sampai Dengan 1%

* Bonus Special Referral BVGaming

DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA DAN DAPATKAN BONUS TERBESAR YANG KAMI BERIKAN

https://linktr.ee/BVGaming30

Ayo Raih Kemenangan Disini.. Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

barangkali ada yang sedang cari bengkel sepeda listrik bisa cek di sini gan

Bengkel Sepeda Listrik Terdekat

PROMO SPESIAL SITUS KELUARAN HONGKONG KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS http://keluaranhongkong88.com/

Saya menjual PS5, iPhone X, XR, Xs, 11 Pro, Max, iPhone 12, dan Samsung s10, s20 + baru dalam paketnya. Asli. Semua warna.
harga partai besar. Email: sales@theconnectcpc.com / theconnectcpc@gmail.com
Whatsap +1 (567) 268-1968

Situs http://pengeluaransgp88.com terpercaya memberikan data pengeluaran sgp yang tepat

keluaran hongkong memberikan kenyaman untuk membernya seperti keamanan data member http://keluaranhongkong88.com/

AGEN SV388 TERPERCAYA | LINK DAFTAR SV388

Salah Satu Aplikasi Sabung Live Terbaik Di Asia! Dapat Di Akses Dimana Saja !
Bisa Melalui Smartphone Android & iphone, Tablet, Laptop / PC !

Permainan Yang Tersedia Di Sv388 :
» Sabung Live | Permainan Kartu Kasino | Slot | Tembak Ikan | Virtual Games

• Bonus Deposit 10% New Member
• Bonus Spesial 100% Menang Beruntun

» Website - Anda Bisa Ketik Di Browser " Bolavita "
» Nomor WhatsApp Cs : +62812-2222-995

�� (Online) 24 Jam Setiap Hari
�� Hati-Hati Penipuan

#sv388 #apksv388 #daftarsv388 #linksv388 #agensv388

• S128
• SV388
• CASINO
• TEMBAK IKAN
• SLOT

bandar togel online kinghorsetoto mengesankan para pemain togel http://128.199.187.54/

permainan game online yang diminati banyak orang hanya ada di hkpools. http://149.28.134.158/

Wahyupoker merupakan situs judi online terpercaya di indonesia dengan games judi poker bandarqq dominoqq pkv games terpercaya.

Agen Togel Online dengan cashback melimpah hanya di kinghorse toto

This was an extremely wonderful post. Thanks for providing this info.
Eight Ball Leather Jacket

slot gacor and online in the floor to the sky
slot gacor online indonesia

tersedia berbagai macam permainan di mpo slot..
http://139.162.43.253/

Assalamualaikum
Data pribadi
Negara: Indonesia
Nama: Wahyu Sapto Handoko
Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
Email: (helenwilson719@gmail.com)

WA: +1-585-326-2165

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo semuanya.
Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6/6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman Rika Anderson di facebook dan blog

Saya memutuskan untuk mendaftar di bawah rekomendasi dan kesaksian mereka dari Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di saya Rekening MAYBANK dengan jumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

Ini adalah berita yang sangat bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan saya dan biaya sekolah anak-anak saya. Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa takut untuk mengajukan melalui mereka

Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
rikaandersonloancompany@gmail.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Saluran kantor/ Whatsapp: +1(929)526-0086

Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji ibu Rika juga membawa pelanggan serius yang membutuhkan pinjaman sehingga mereka bisa bahagia.

Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut di
email: yuuu.annisa@gmail.com
Negara: Indonesia
Kota: Jakarta
Jumlah: Rp650 Juta

AHLIBET88 memberikan kemudahan untuk jadi jutawan setiap hari, segera kunjungi dan bergabung sekarang juga

This was an extremely wonderful post. Thanks for providing this info. Parker Kligerman Hoodie

Cara memainkan slot deposit linkaja adalah pastikan akun linkaja sudah diverifikasi dan bisa menerima dan mengirim dana. Setelah itu pastikan akun linkaja kalian terdaftar disitus kami. Jika tidak mengerti dalam melakukan transaksi dengan slot deposit linkaja maka bisa langsung hubungi CS kami melalui live chat atau WA official HokQBet.

Does operating a well-established blog such as yours take a large amount of work?
I’m completely new to running a blog but I do write in my journal on a daily basis.
I’d like to start a blog so I can share my personal experience and views online.
Please let me know if you have any ideas or tips for brand
new aspiring blog owners. Thankyou!lakers jackets

Fildena 150 contains the active ingredient Viagra. It's created from Viagra turn among the potent composition comprising one hundred fifty mg. Viagra turn could be a PDE-5 substance that works by calming the muscles, blood vessels, and tissue within the girdle. Blood vessels are dilated and obstructions within the arteries are cleared, resulting in a free flow of blood. Viagra additionally blocks the PDE-5 protein , and boosts the quantity of cGMP, whereas increasing the degree of gas within the glands of the private parts.
Read more:
Vega 100
Tadaflo 20mg

Hello semua,
Nama saya Encik, Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya seorang lelaki yang gembira hari ini? dan saya memberitahu diri saya bahawa mana-mana pemberi pinjaman yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari keadaan miskin kami, saya akan merujuk mana-mana orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi kebahagiaan kepada saya dan keluarga saya, saya memerlukan pinjaman sebanyak € 300,000.00 untuk memulakan hidup saya sepenuhnya kerana saya seorang Bapa tunggal dengan 2 orang anak Saya bertemu dengan pemberi pinjaman yang jujur ​​dan takut kepada Allah ini yang membantu saya dengan pinjaman sebanyak €300,000.00, dia seorang yang takut kepada Allah, jika anda memerlukan pinjaman dan anda akan membayar balik pinjaman sila hubungi dia beritahu dia bahawa (Encik, Rugare Sim) merujuk anda kepadanya. Hubungi En, Mohamed Careen melalui e-mel: (arabloanfirmserves@gmail.com)


BORANG MAKLUMAT PERMOHONAN PINJAMAN
Nama pertama......
Nama tengah.....
2) Jantina:.........
3) Amaun Pinjaman Diperlukan:.........
4) Tempoh Pinjaman:.........
5) Negara:.........
6) Alamat Rumah:.........
7) Nombor Telefon Bimbit:.........
8) Alamat e-mel..........
9) Pendapatan Bulanan:.....................
10) Pekerjaan:..........................
11) Laman web manakah anda di sini tentang kami.....................
Terima kasih dan salam mesra.
E-mel arabloanfirmserves@gmail.com

Super Vilitra contains the dynamic fixing agent Vardenafil. Conventional Vardenafil works for almost every male with erectile dysfunction and is one of the most potent and effective treatments available. Sildenafil is a fast-acting drug with a half-life of at least an hour longer than erectile dysfunction pills. Vardenafil is more expensive to manufacture than sildenafil tablets, but it is also associated with impressive results. Super Vilitra which is otherwise known as Generic Vardenafil.

Read more ed pills...
Tadalista 60
silditop

situs slot gacor akunjp is an online slot site that accepts deposits using fund slots and credit slots with the cheapest minimum deposit and abundant bonuses and jackpots every day. just register 1 id you can play in all the games we provide

HokQBet dibisa diakses dimana pun kalian berada dan dapat melakukan transaksi deposit dan withdrawal kapanpun dan dimanapun karena kita 24 jam siap untuk melayani member setia kami. Dengan begitu HokQBet dapat dikatakan slot deposit pulsa yang terpercaya dari awal hingga sekarang ini, bukan hanya sekedar mendapatkan slot deposit pulsa tanpa potongan melainkan mendapatkan pelayanan yang sangat berkualitas tinggi.

Malegra is a prescription drug that treats impotence in men. The use of fildena is recommended for men suffering from erectile dysfunction. This condition can cause great anxiety and prevent satisfied sexual intercourse. If you have this problem, you may wish to try malegra. It is important to understand the medication and to follow the recommended dosage. The tablet should be taken about half an hour before sexual activity.

Vidalista 20 mg is a traditional medicine made from Tadalafil. It is commonly known as the week's end medication for its really long effect.For the treatment of erectile brokenness, a drug that appears in the expert's cure is Vidalista 20, comparable to Cialis. Tadalafil, the huge part of the medication, is good for extending the circulation system in the male regenerative structure.

Super P Force tablet are used to treat erectile dysfunction (impotence) in men, which is inability to achieve or maintain a hard erect penis suitable for sexual activity, due to insufficient blood flow into the penis. Super P-Force tablets relax the blood vessels in the penis increasing blood flow and causing an erection, which is the natural response to sexual stimulation.

Vilitrais an ED curing drug that restores your ability to get back hard. Although it is not one of the methods of permanent ED cure still Vilitra is a dug that is capable of providing around 5 hours of active time within which you can …

Erectile dysfunction (ED), is a side effect of many prescription drugs. These medications can treat a condition or disease, but they can also affect a man’s hormones, nerves, blood circulation, and cause erectile dysfunction (ED) or increase the risk.
super tadarise
Super Vilitra
Penegra 50
megalis

Erectile dysfunction (ED), is a side effect of many prescription drugs. These medications can treat a condition or disease, but they can also affect a man’s hormones, nerves, blood circulation, and cause erectile dysfunction (ED) or increase the risk.
Lovegra 100mg
Vidalista 60 mg

Aurogra 100(sildenafil citrate) is an erectogenic substance that is part of the class of phosphodiesterase 5 inhibitors. The medication is taken at the point of need that is, in reality, that there is no specific posoligical plan: Aurogra should be only used when absolutely needed prior to an planned sexual activity or whenever there is a need for the restoration of a healthy response to sexual stimulation.

Silditop tablets are prescription medications that treat erectile dysfunction (impotence) in men. It is a drug that increases bleeding to penis. Men are able to achieve or maintain an erection as a result. It's part of a family of medications called phosphodiesterase type 5 (PDE 5) inhibitors.Silditop Tablet can be taken with a full stomach or in conjunction with meals. It must be taken according to your doctor's instructions.

Malegra is a prescription drug that treats impotence in men. The use of fildena is recommended for men suffering from erectile dysfunction. This condition can cause great anxiety and prevent satisfied sexual intercourse. If you have this problem, you may wish to try malegra. It is important to understand the medication and to follow the recommended dosage. The tablet should be taken about half an hour before sexual activity.

Suhagra 100 Tablet shouldn't be used by patients from kidney or heart problems. Be cautious when taking this tablet if you've recently suffered from a condition which involved heart attacks or (chest discomfort, discomfort or). Stop drinking alcohol or reducing it when you are receiving treatment, as it could cause you feel dizzy. Avoid driving or operating any device while being treated with Suhagra 100 mg tablets.
Read More Pills:
Caverta
Vega 100
Vigora 100 mg

Asthalin Inhaler is available in pill, tablet, syrup, and inhaler paperwork. Inhaler: One inhalation of Medrol 8 mg may be administered as a dose which may be expanded to two inhalations if located vital. If the response is inadequate, better doses than inhalations may be used. However, the most endorsed dose is inhalations 3 or 4 instances a day. The tablet form of the Medrol 8 Mg ought to be taken without meals, typically an empty stomach. It has to be swallowed whole with a glass of water.

https://www.powpills.com/product/medrol/

This medication helps in accomplishing or keeping up with a reasonable erection during the action by further developing the Tadalista 60 of blood into the penis. Assuming that you have the issue of early release or are incapable of initial endeavor is advantageous to save erection for quite a while.


Cenforce D is the most widely used active ingredient in erectile dysfunction medications worldwide. It is used in most brand name generic drugs and in Viagra. Sildenafil is a PDE-5 inhibitor, which means it has the function of growing the veins in the penis by breaking down a specific type of enzyme. Cenforce 50 swelling of the veins allows for more blood flow, which makes it easier for a man to get an erection. Sildenafil's job is to achieve powerful and long-lasting erections when combined with s*xual stimulation. Cenforce 200 Dapoxetine affects the central nervous system by increasing serotonin levels. This shift in chemical balance is what helps men cope with PD. The central nervous system is linked to the sensation of ejaculation, so by altering the levels of hormones in the body we can slow down its speed. Cenforce 120 should be swallowed whole with a glass of water at room temperature. The standard dosage is 1 tablet of Cenforce D, which almost always makes couples get the desired results from their s*xual activities.

This medicine should not be taken more than once every 24 hours. cenforce fm 100mg medicine is not designed for daily use, so it should be taken in moderation. For best results from this drug, do not combine it with large or high-fat meals. These foods are able to slow down the time of appearance. If you feel that the dosage Cenforce 150 you are using is not effective enough, consider visiting our home page and viewing a variety of different erectile dysfunction and erectile dysfunction medications in different dosages.


Fildena 120 is a worldwide treatment used mainly for the treatment of erectile dysfunction (impotence) in men. Sildenafil is an active component of this tablet. Fildena 50 drug works by sending enough blood to the penis, which guarantees a certain erection in a man. It helps every individual to get and maintain a strong erection for s*xual activity. Fildena Super Active medicine allows a man to have a satisfying s*xual relationship with his partner. The drug is available online at the best prices which may not be available on all other websites. These online pharmaceutical stores also have a clear refund, return and exchange policy which encourages people to place orders.

Fildena 100 is used to treat erectile dysfunction in a person. This erectile dysfunction is also called impotence. There are 30 million people in the world who have to suffer from this problem and. For any person who cannot get a hard erection, the use of this medicine can get a hard erection. Fildena XXX tablet makes people enjoy their s*x life by improving the intimacy between two partners: this drug is one of the best cures for erection problems.

Maxgun 100 is a male enhancement pill effective for improving the problem of sexual disorder in men.
Buy Sildenafil 100mg
Buy Maxgun 100mg Tablet

This is one of the best posts I’ve read. It contains some very valuable and helpful information. Thanks for sharing. Beth Dutton Blue Poncho

Cenforce 100mg may have potential side effects. We will explore the common side effects associated with this medication, such as headaches, flushing, and indigestion. Additionally, we will discuss strategies for managing these side effects and when to seek medical attention.
Visit here: Cenforce 200mg

Your blogs are intellectual delights that I look forward to indulging in. Jacket From Drive

Your writing is a beacon of authenticity in the world of online expression. Jacket From Drive

we'll delve into what vidalista black 80 mg is, its benefits, considerations, and the importance of responsible usage.

Perjalanan evolusi perangkat lunak kasino online adalah cerminan dari kemajuan teknologi dan perubahan selera pemain. Dari awal yang sederhana hingga menjadi sebuah industri bernilai miliaran dolar, perangkat lunak kasino telah berubah menjadi platform yang canggih dan menghibur, menjanjikan masa depan yang lebih inovatif dan menarik bagi para penggemar taruhan online.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda di blog Dunia Listrik, Semoga bermanfaat.

Untuk diskusi dan opini, silahkan kunjungi "Forum Dunia Listrik"

Dapatkan informasi melalui email, setiap artikel baru diterbitkan dengan mendaftarkan alamat email anda di fitur "Registrasi E-mail".

Sebarkan Blog ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites